Peristiwa Langka di Thailand, Tujuh Pejabat Keamanan Diadili karena Bunuh Warga Muslim

Thailand-Pejabat Keamanan Thailand diadili-jpeg.imageBANGKOK (SALAM-ONLINE): Ini adalah peristiwa langka di Thailand. Pengadilan di negara ini mengadili tujuh pejabat keamanan, Rabu (8/4) dengan dakwaan pembunuhan terhadap warga Muslim di Thailand selatan.

Selama ini tindakan hukum terhadap pejabat jarang terjadi di kerajaan, khususnya bagi mereka yang terlibat masalah di Selatan. Mereka menembak mati sekelompok pria Muslim tak bersenjata di wilayah selatan yang sedang bergolak.

Panel penyelidik mengungkap, empat warga sipil yang menjadi korban tak memiliki senjata. The Straits Times melaporkan, tujuh orang pejabat keamanan menghadapi sidang atas tuduhan pembunuhan oleh pasukan keamanan Thailand.

Awalnya, pihak berwenang mengatakan, para pelaku mengeluarkan tembakan karena menghadapi perlawanan bersenjata. Namun, setelah diselidiki keempat korban merupakan warga sipil tak bersenjata.

Sebelumnya, dilaporkan terjadi penembakan terhadap dua warga desa dan dua mahasiswa di wilayah desa Ban To Chut, Patani, pada 25 Maret 2015. Pasukan keamanan menduga mereka sebagai tersangka militan.

Baca Juga

Wilayah Selatan Thailand telah satu dekade dihadapkan pada konflik antara pasukan penguasa dan pejuang. Para pejuang berjuang untuk mendapat otonomi lebih besar di wilayah mayoritas Muslim itu.

The Straits Times, ROL

salamonline

Baca Juga