Kartunis yang Gambar Nabi Muhammad Hengkang dari Charlie Hebdo

Renald Luzier-3-mini-jpeg.image
Renald Luzier

PARIS (SALAM-ONLINE): Luz, kartunis yang menggambar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk halaman depan Charlie Hebdo pada edisi Januari 2015 lalu, memutuskan untuk hengkang dari majalah penista tersebut.

Pria bernama asli Renald Luzier itu mengatakan kepada harian Prancis Liberation bahwa pekerjaannya menjadi “terlalu berat” selepas kematian rekan-rekannya.

Sebanyak 12 orang tewas ketika dua pria bersenjata menyerang dan menembaki kantor redaksi Charlie Hebdo pada 7 Januari lalu. Penyerangan itu terjadi sehubungan dengan pemuatan karikatur Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di majalah tersebut.

“Setiap edisi terasa seperti penyiksaan karena rekan-rekan saya sudah tidak ada. Saya menghabiskan malam-malam tanpa tidur memikirkan Charb, Cabu, Honore, Tignous (kartunis Charlie Hebdo yang tewas, red). Sangat melelahkan,” ungkap Luz.

Penerbitan karikatur Nabi Muhammad menuai berbagai aksi protes di sejumlah negara mayoritas Muslim.

Baca Juga

Luz bergabung dengan majalah itu pada 1992 dan mengatakan pengunduran diri ini adalah “pilihan pribadi”.

Bulan lalu, Luz mengumumkan ia akan berhenti menggambar Nabi Muhammad dengan alasan sudah tidak tertarik lagi.

Dia mengaku beberapa orang mendesaknya untuk bertahan. Namun Luz mengatakan dalam wawancara sebelumnya bahwa jaminan keuangan telah menimbulkan pertanyaan mengenai arah editorial untuk masa mendatang.

Majalah Charlie Hebdo yang dulunya nyaris bangkrut, sekarang disokong dana puluhan juta euro. (BBC Indonesia)

salam-online

Baca Juga