Iran dan Rusia Sepakati Pengiriman Rudal

Iran dan Rusia Lakukan Kesepakatan Pengiriman Rudal-jpeg.imageMOSKOW (SALAM-ONLINE): Pemerintah Rusia mengumumkan kesepakatan yang dilakukan dengan Iran untuk memberikan sistem rudal S-300 pada Senin (9/11). Kedua belah pihak menyetujui setelah sebelumnya Moskow menghentikan kesepakatan tersebut karena adanya sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Iran terkait program nuklir negara tersebut.

“Kontrak antara Rusia dan Iran untuk pengiriman sistem rudal S-300 sudah dilakukan,” ujar pengelola rudal dari Pemerintah Rusia yang tidak ingin disebutkan namanya, Senin (9/11), seperti dilansir di laman Worldbulletin.

Moskow sebelumnya menolak untuk memberikan sistem pertahanan itu ke Teheran pada 2010 dengan dalih adanya perjanjian putaran keempat sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Iran terkait program nuklir Iran. Perjanjian itu melarang penjualan senjata hi-tech ke Teheran.

Baca Juga

Setelah penolakan Moskow untuk memberikan sistem rudalnya, Iran mengajukan gugatan terhadap perusahaan senjata Rusia ke Mahkamah Internasional di Jenewa.

Dan, pada April tahun ini, Presiden Vladimir Putin mencabut larangan pengiriman sistem pertahanan rudal S-300 ke Iran. Rusia dan Iran adalah sekutu dalam membantu rezim Basyar Asad memerangi rakyat dan pejuang Suriah. (EZ/salam-online)

Baca Juga