Donald Trump Terancam Dicoret dari Capres Partai Republik

Donald Trump-16-jpeg.image
Donald Trump

WASHINGTON (SALAM-ONLINE): Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, menuai gugatan dari partai politiknya, dan dia bisa jadi terancam didiskualifikasi (dicoret) dari calon presiden untuk pertarungan menuju Gedung Putih, setelah dunia marah atas ucapannya yang melarang Muslim tinggal dan masuk ke Amerika Serikat.

Di dalam Partai Republik, ucapan dan rencana taipan itu juga menimbulkan kekacauan di kalangan pimpinannya, mulai dari pemimpin Komite Nasional Republik hingga bekas Wakil Presiden Amerika Serikat, Dick Cheney, lansir The Guardian, Rabu (9/12).

Semuanya mengutuk rencana Trump yang sangat rasialis itu.

Baca Juga

Saat berpidato politik di geladak USS Yorktown, beberapa hari lalu, Trump menyatakan, rencananya itu mungkin tidak pas secara politik. Tapi dia menyatakan, “Saya tidak peduli…”

Pernyataan Trump itu menuai reaksi juga dari dalam negerinya. Secara terpisah, juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, kepada pers, menyatakan, kampanye Trump itu hanya tong sampah dan kualitas buruk sejarah Amerika Serikat.

Ketua DPR Amerika Serikat, Paul Ryan, menegaskan pula, pernyataan Trump itu mencederai Konstitusi Amerika Serikat. (Antara)

Baca Juga