Jubir Presiden Turki: “Ekspresi Pernyataan Perlawanan terhadap Muslim Itu ‘Kebijakan’ Murahan”

CUMHURBASKANLIGI SOZCUSU IBRAHIM KALIN, BASIN ACIKLAMASI YAPTI. (FOTO: UMIT KOZAN/DHA)
Ibrahim Kalin

ANKARA (SALAM-ONLINE): Juru bicara Presiden Turki Ibrahim Kalin mengritik sikap dan pernyataan bakal calon Presiden Amerika dari Partai Republik Donald Trum yang melarang Muslim memasuki Amerika Serikat.

“Donald Trump telah membuat kebijakan murahan. Ekspresi pernyataan perlawanan terhadap Muslim itu adalah sebuah ‘kebijakan’ murahan. Dia memainkan permainan politik,” tegas Ibrahim Kalin dalam sebuah pertemuan di Ankara seperti dikutip DailySabah, Senin (14/2).

Pekan lalu Trump, yang mencalonkan diri melalui partai Republik telah menyerukan larangan kepada Muslim untuk memasuki Amerika setelah terjadinya serangan di San Bernadino yang menewaskan 14 orang.

Kalin mengatakan komentar Trump akan menimbulkan sikap rasisme.

Baca Juga

“Tidak ada yang akan mendapatkan keuntungan ketika menyerang Muslim dan menyudutkan Muslim. Banyak orang di AS tidak menyadari itu. Sikap rasis tidak akan menimbulkan manfaat,” ungkap Kalin.

Kalin menyerukan agar tindakan Islamofobia atau kebencian terhadap umat Islam segera dihentikan. Ia juga mendesak Uni Eropa untuk mengambil langkah-langkah mencegah radikalisasi dan kebencian di kalangan Muslim.

“Anak-anak muda yang menjadi ‘radikal’ karena faktor sosial dan ekonomi perlu kita ketahui. Peran Agama sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak tersebut,” ujarnya. (EZ/salam-online)

Sumber: DailySabah

Baca Juga