Musuhi Islam, Pemimpin Republik Ceko Tolak Pengungsi Suriah

1451238843659PRAHA (SALAM-ONLINE): Presiden Republik Ceko Milos Zeman membuat pernyataan anti Muslim. Presiden pro Rusia itu juga dikenal sebagai negara yang memusuhi Islam. Sebut misalnya permusuhan pemimpin Ceko ini terhadap pengungsi Suriah dan sikap Islamofobianya saat ia menghadiri pawai anti-Islam bulan lalu di Praha, lansir Dailysabah, Ahad (27/12).

Beberapa kelompok aktivis menuduh Republik Ceko memperlakukan para pengungsi dengan sangat buruk. Republik Ceko dan Slovakia menolak sistem yang diberikan oleh Uni Eropa untuk mendistribusikan para pengungsi di tengah gelombang migran saat ini.

Ini bukan pertama kalinya Zeman mengambil sikap kontroversial terhadap krisis migran terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II itu.

“Jika para pengungsi dibiarkan maka mereka akan menerapkan hukum Islam ketimbang mematuhi hukum Republik yang ada,” dalihnya.

Baca Juga

Zeman mendapat kritik yang keras dari kelompok Hak Asasi dan Komunitas Muslim di negara itu pada Oktober lalu.

“Muslim telah hidup di Republik Ceko sudah lebih dari satu abad. Tidak ada sedikit pun kebenaran yang disampaikan oleh Zeman tentang Muslim,“ kata Ahmad Belická, salah seorang anggota Komunitas Muslim di Praha. (EZ/salam-online)

Sumber: Dailysabah

Baca Juga