Serangan Udara AS Salah Sasaran, 20 Tentara Irak Tewas

Irak-Serangan Udara AS di Rak salah sasaran-jpeg.image
Serangan Udara AS di Irak Salah Sasaran

SALAM-ONLINE: Lebih dari 20 tentara Irak dilaporkan tewas, dan 30 lainnya terluka dalam sebuah serangan udara yang dilancarkan militer AS. Demikian disampaikan Hakim al-Zamili, kepada Komite Pertahanan dan Keamanan Parlemen Irak kepada Sputnik.

Komando Operasi Irak, dalam sebuah pernyataan Jumat (18/12) menyebut pasukan Divisi ke-3 Brigade 55 Irak terkena serangan udara AS sekitar pukul 1 siang saat mereka menyerang posisi ISIS di dekat Amriyat al-Fallujah, sebelah barat Baghdad.

“Brigade ke-55 (tentara Irak) dihantam oleh pesawat AS. Lebih dari 20 tentara tewas dan 30 lainnya terluka,” ujar Zamili kepada Sputnik. Sebelumnya media Rusia itu menyebut jumlah korban tewas lebih dari 30 orang.

Insiden terjadi dekat Kota al-Naimiya di Provinsi Fallujah setelah pasukan Irak membebaskan wilayah strategis dari ISIS. Menurut pejabat yang mengunjungi lokasi, kemungkinan korban tewas bertambah. Ini mengingat banyak tentara Irak yang terluka.

Baca Juga

“Amerika melancarkan serangan dengan tingkat ketepatan hingga 100 persen, namun entah kenapa mereka melakukan kesalahan hingga berkilometer?” ujarnya heran.

Zamili meminta Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi agar melakukan investigasi segera atas laporang tersebut.

AFP dalam laporannya menyebut serangan itu tidak memperhitungkan jarak yang sebelumnya telah dicover oleh pasukan Irak.

Sumber: Republika.co.id, AFP

Baca Juga