Otoritas Bahrain Ungkap Jaringan Teroris yang Diduga Terkait dengan Iran

A police officer stands guard near the hotel where the 10th International Institute for the strategic Studies taking place in Manama, Bahrain, Dec. 5, 2014. Senior ministers from Britain, France, Egypt, Iraq and the United Arab Emirates are among the participants, who are expected to discuss regional security and countering extremism, including efforts to fight the Islamic State group. (AP Photo/Hasan Jamali)

MANAMA (SALAM-ONLINE): Otoritas Bahrain pada Rabu (6/1) kemarin mengungkap “sel teroris” yang diduga terkait dengan Pengawal Revolusi Iran dan kelompok “Hizbullah” Lebanon, stasiun TV Al Arabiya melaporkan, Rabu (6/1).

Menurut laporan itu, kementerian dalam negeri menangkap enam orang, salah seorang di antaranya berhasil kabur ke Iran. Jaringan ini dipimpin oleh dua bersaudara, Ali Fakhrawi dan Mohamed Fakhrawi, yang dikenal memiliki hubungan dengan Iran, kata laporan tersebut.

Fakhrawi bersaudara adalah anggota dari kelompok yang diidentifikasi oleh kantor berita resmi Bahrain sebagai “Ghoroob al-Basta” yang terkait dengan “jaringan teroris” yang melancarkan serangan pada 28 Juli tahun 2015, kata sebuah pernyataan.

Baca Juga

Ali Fakhrawi melakukan perjalanan ke Iran pada 2011. Ia diduga mengatur “dukungan logistik dan keuangan” untuk jaringan di Bahrain, pernyataan tersebut menambahkan.

Jaringan ini terbongkar beberapa hari setelah Bahrain mengusir diplomat Iran menyusul serangan terhadap kedutaan dan Konsulat Saudi di Iran. Serangan itu sendiri terjadi setelah eksekusi mati pentolan Syiah Nimr al-Nimr yang termasuk di antara 47 terpidana dalam kasus terorisme versi Saudi. (mus)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga