IOM: Tahun Ini Pengungsi Suriah di Eropa Capai Lebih dari 100.000 Jiwa

Pengungsi Suriah ke EropaJENEWA (SALAM-ONLINE): Organisasi Internasional untuk Migran (IOM) mengatakan para pengungsi Suriah di Eropa pada 2016 ini sudah lebih dari 100.000 jiwa. Yunani saja telah menerima 102.547 pengungsi yang datang sejak awal tahun, IOM mengatakan, Selasa (23/2).

Menurut IOM, sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu, Rabu (24/2), setidaknya 413 pengungsi tenggelam ketika mencoba untuk mencapai Eropa melalui rute Mediterania timur, antara Turki dan Yunani. Jalur ini menjadi rute paling “mematikan” bagi para pengungsi.

Tahun lalu, lebih dari 1 juta pengungsi dan migran tiba di Eropa. Sebagian besar dari mereka menyelamatkan diri dari kecamuk perang, selain alasan kemiskinan dan penyiksaan, sumber IOM mengatakan.

Kondisi ini mengakibatkan reaksi berantai berupa penutupan perbatasan. Ini merupakan pukulan berat untuk zona bebas perbatasan di Eropa yang diatur dalam Perjanjian Schengen.

Baca Juga

Schengen adalah perjanjian yang dibuat oleh sejumlah negara Eropa untuk menghapuskan pengawasan perbatasan di antara mereka. Di dalam perjanjian ini tercakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk jangka pendek (termasuk di dalamnya Visa Schengen), penyelarasan kontrol perbatasan eksternal dan kerja sama polisi lintas batas. Nama Schengen diambil dari tempat penandatanganan perjanjian ini, sebuah desa di Luksemburg. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga