Kabar Duka: Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyah Prof Hj Tutty Alawiyah Wafat


HjXTuttyXAlawiyahXAS-3

Prof Dr Hj Tutty Alawiyah AS

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyah Prof Dr Hj Tutty Alawiyah AS meninggal dunia pada Rabu, 26 Rajab 1437 H/4 Mei 2016, pukul 7.15 WIB pagi, dalam usia 74 tahun.

“Innaalillaahi wa innaa ilaihirooji’uun. Ibunda kami Hj Tutty Alawiyah AS pagi ini pukul 07.15 telah dipanggil Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mohon dimaafkan jika ada kesalahan beliau dan mohon doa agar Allah berikan Rahmat dan JannahNya, aamiin,” demikian pesan singkat putra almarhumah, Prof Dr H Dailami Firdaus, Rabu (4/5) pagi.

Hj Tutty adalah putri seorang ulama besar Betawi yang pendiri perguruan Islam As-Syafi’iyah, Allahyarham KH Abdullah Syafi’ie. Sebagai tokoh Islam Betawi, KH Abdullah Syafi’ie namanya kemudian dilekatkan menjadi salah satu nama jalan di kawasan Casablanca-Kp Melayu. Semasa hidupnya, Hj Tutty aktif sebagai Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan di penghujung era Soeharto. Selain sebagai Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyah, Hj Tutty yang kelahiran di Jakarta, 30 Maret 1942 ini juga pernah menjadi Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Mantan anggota MPR ini wafat di Rumah Sakit MMC, Jakarta pukul 07.15 pagi, karena sakit. Jenazah almarhumah disemayamkan di rumah duka Jalan Raya Jatiwaringin No 50-51, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Dan menurut rencana akan dimakamkan hari ini juga.

Semoga Allah berikan maghfirah-Nya dan diwafatkan dalam husnul khatimah. Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu ‘anha. (s)