Turki Larang Keras Parade Tahunan Kelompok Gay di Istanbul

Turki Larang Parade Tahunan Kelompok Gay di Istanbul-2ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Pemerintah Turki mengeluarkan larangan keras terhadap kelompok gay yang ingin merayakan parade tahunan mereka di Istanbul akhir bulan ini.

Menurut pemerintah Turki, seperti dilansir BBC, Jumat (17/6), pelarangan dilakukan atas alasan perlindungan keamanan dan permintaan publik. Pelarangan itu berarti, siapa pun yang memaksa untuk tetap melakukan acara ini akan berhadapan dengan pihak keamanan.

Pihak penyelenggara mengatakan pelarangan tersebut sebagai sebuah kejahatan melawan hukum dan konstitusi. Menurut kelompok ini, pihak berwenang gagal melindungi hak warga negara untuk mengekspresikan hak mereka. Penyelenggara juga mengatakan akan melakukan langkah hukum atas pelarangan ini.

Sementara itu, keamanan di Istanbul semakin diperketat akibat banyaknya serangan bom yang dilakukan oleh kelompok ISIS dan teroris Kurdi. Awal pekan lalu, sebuah kelompok ultra nasionalis, The Alperen Hearths menyebut rencana Gay Pride Parade itu sebagai parade tidak bermoral dan berjanji akan melakukan apa pun untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Akhir tahun lalu, polisi Turki menembakkan gas air mata dan water cannon saat perayaan Gay Pride Parade.

Baca Juga

Menurut penyelenggara, izin untuk melakukan kegiatan tersebut ditolak dengan alasan bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadhan. Sekitar 12 perayaan yang terkait dengan LGBT pernah diadakan di Istanbul. Perayaan bisa berlangsung meski ada sedikit kesulitan.

Di Turki, homoseksualitas dianggap perbuatan ilegal. Dikatakan, kekhawatiran pada kelompok homo di negara ini terus meluas. Dua belas aktivitas kebanggaan gay sebelumnya telah terjadi setiap tahun di Istanbul. (EZ/salam-online)

Sumber: BBC

Baca Juga