Bikin ‘Haji Tandingan’, Jutaan Kaum Syiah ‘Wukuf’ di Karbala

iran-irak-lokasi-%22haji-tandingan%22-kaum-syiah-di-karbala-irakSALAM-ONLINE: Sekitar satu juta warga Syiah Iran melakukan kunjungan ke Karbala, Irak, untuk melaksanakan “ibadah haji” tandingan. Seperti diketahui, umat Islam melaksanakan Ibadah Haji di Makkah, Arab Saudi, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat.

Dikutip oleh kabarmakkah.com, Ahad (11/9) dari SkyNewsArabia, Sabtu (10/9), kunjungan yang diberi nama “Ziarah Arafah” itu berakhir di Masjid Imam Husain di Karbala.

iran-wukuf-di-karbala-irak-1
Berita “Haji” Kaum Syiah di Indosiar

Banyaknya kaum Syiah yang datang ke Karbala, Irak, menyusul keputusan atau “fatwa” dari pemimpin tertinggi Syiah Iran, Ali Khamenei, yang menyatakan berhaji ke tempat “suci” Syiah di Karbala adalah diperbolehkan.

Diberitakan, ibadah yang mereka sebut “haji” itu langsung dibiayai oleh pemerintah Iran, termasuk kelengkapan “berhaji” seperti petugas atau pelayanan untuk “jamaah haji”nya pun didatangkan dari negara Syiah tersebut.

Baca Juga
iran-wukuf-di-karbala-irak-2
Berita pelaksanaan “Ibadah Haji” kaum Syiah di Karbala, Irak

Dari keterangan Kementerian Dalam Negeri Irak diketahui bahwa jutaan kaum Syiah Iran itu masuk dari perbatasan sebelah timur Irak.

Dikutip dari www.risalah.tv, Ahad (11/9), bahwa kantor berita pro Iran, ABNA, melansir lokasi “haji alternatif” untuk penganut Syiah di seluruh dunia, termasuk bagi warga Iran. (s)

Sumber: kabarmakkah.com dan risalah.tv

 

Baca Juga