Menhan Turki: “Angkatan Udara Kami Akan Bergabung dalam Operasi Mosul di Irak”


turki-angkatan-udara-turki-bergabung-dalam-operasi-mosulROMA (SALAM-ONLINE): Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik mengatakan angkatan udara negaranya akan mengambil bagian dalam operasi di Kota Mosul, Irak utara, kantor berita Anadolu melansir, Selasa (18/10) .

Isik mengonfirmasi pada Selasa (18/10) bahwa angkatan udara Turki akan bergabung dalam operasi untuk membebaskan Mosul dari Daesh.

Pernyataan Fikri Isik disampaikan pada Selasa malam di Kedutaan Turki di Roma. Memberikan penjelasan kepada wartawan usai pertemuan para Menteri Pertahanan South-Eastern, Isik menegaskan, “Kami telah mencapai kesepakatan dengan pasukan koalisi bahwa angkatan udara kami akan bergabung dalam operasi Mosul.”

Ketika diminta untuk mengevaluasi Turki diundang ke pertemuan di Mosul di Paris dalam beberapa hari mendatang, Isik mengatakan: “Tidak mungkin untuk memutuskan masa depan Mosul tanpa Turki.”

Ketika diminta mengevaluasi undangan untuk Turki dalam pertemuan yang membahas Mosul di Paris dalam beberapa hari mendatang, Isik mengatakan, “Tidak mungkin untuk memutuskan masa depan Mosul tanpa Turki.”

Kampanye militer yang bertujuan untuk merebut kembali Kota Mosul di Irak utara dari Daesh memasuki hari kedua pada Selasa dengan banyak kerugian diderita oleh kelompok pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi tersebut.

Pada pertengahan 2014, Daesh merebut Mosul, kota kedua terbesar di Irak sebelum menduduki sebagian besar wilayah di utara dan barat negara itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, tentara Irak dan pejuang lokal telah menggelar pertempuran bertahap di kota itu. Para pejabat di Baghdad telah bersumpah untuk merebut kembali Mosul pada akhir tahun ini. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu