MUI Desak Polisi Usut Kasus Lembaran Al-Qur’an Dijadikan Pembungkus Makanan

al-quran-jadi-pembungkus-makanan-1JAKARTA (SALAM-ONLINE): Belum selesai kasus dugaan penistaan Al-Qur’an oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, publik dihebohkan lagi dengan kabar yang menyebutkan bahwa di Cirebon, Jawa Barat, ada lembaran ayat suci Al-Qur’an dijadikan bungkus makanan.

Untuk itu Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, mendesak kepolisian agar mengusut kasus tersebut.

“Di Cirebon itu, ya kita mendesak kepolisian. Nanti kita minta MUI Cirebon untuk ‎memberikan laporan ke MUI pusat,” ujar Kiai Ma’ruf seperti dikutip Okezone, Ahad (16/10/2016).

Baca Juga

Diberitakan, puluhan lembar Al-Qur’an dijadikan bungkus makanan, seperti nasi, lauk dan kue di salah satu hajatan warga di Dusun 05, Desa Gebang Kulon, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu 15 Oktober lalu.

Ceritanya, seperti dilansir RMOL.co, Senin (17/10), Warga Dusun 05, Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menemukan lembaran kertas Al-Qur’an menjadi bungkus makanan hajatan. Karena warga yang menemukannya tidak hanya seorang, mereka berinisiatif mencari tahu sumbernya.

Ternyata, setelah ditelusuri, lembaran Al-Qur’an itu dijual di sebuah toko yang menjual koran bekas. Di sana warga menemukan sekitar 2 kilogram lembaran Al-Qur’an. Warga pun membelinya agar lembaran Al-Qur’an itu tidak tersebar lagi.

al-quran-jadi-pembungkus-makanan-2Sekitar 2 kilogram kertas bertuliskan ayat Al-Qur’an langsung diamankan dan dilaporkan warga ke Polsek Gebang Kabupaten Cirebon. Beberapa kertas juga ditemukan masih dalam bentuk cetakan besar belum terpotong.

Ketua MUI Desa Gebang Kulon Kabupaten Cirebon, Ali Sobirin, menerangkan, dalam gulungan kertas 2 kilogram itu tercetak Surat Yunus, At Taubah dan Surat Hud. “Sepertinya ini kegagalan cetak. Tapi kenapa bisa beredar ke masyarakat. Harusnya kan dimusnahkan dan jangan sampai beredar,” kata Ali.

Ketua MUI Kabupaten Cirebon, KH Bahrudin Yusuf mengimbau masyarakat agar menyikapi penemuan itu dengan tenang. “Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak anarkis, tidak main hakim sendiri,” katanya.

Jagad media sosial pun geger. Di Twitter, tweeps banyak yang menyayangkannya. “Astaghfirullah, Lembar Al-Qur’an Digunakan untuk Bungkus Makanan…,” kicau @klikbalikpapan, dibalas @Ophy_Heartchz@Ophy_Heartc. “Lembaran Al-Qur’an yang dijadikan bungkus makanan ini termasuk kasus penistaan agama? Siapa pelakunya?” cuitnya. “Saya malah prihatin melihat bungkus berisikan ayat Qur’an dibuang ke tempat sampah,” tulis @SlametMuslim.

al-quran-jadi-pembungkus-makanan-3Sedangkan di forum Kaskus, sejumlah Kaskuser juga mengomentari kasus penemuan Al-Qur’an yang dibuat bungkus makanan ini. Sabarihong geram. “Penistaan agama..harus diproses hukum,” tulisnya.

Sumber: Okezone, RMOL.co

Baca Juga