Kritik Intervensi Militer Negaranya di Suriah, Blogger Rusia Dipenjara

Aleksei Kungurov

SALAM-ONLINE:  Seorang blogger telah ditahan di penjara Rusia setelah ia mengritik intervensi Rusia di Suriah.

Aleksei Kungurov, seorang blogger dari Siberia, dijatuhi hukuman dua setengah tahun di koloni penjara Rusia. Sejak Oktober 2015 postingan Kungurov pada blognya sangat kritis terhadap keterlibatan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam konflik Suriah.

Kungurov mengatakan bahwa intervensi Putin adalah upaya untuk menyelamatkan sekutunya, rezim Basyar Asad dan menghancurkan kelompok peuang oposisi.

“Kelompok pemberontak kata mereka, tapi bukan teroris,” kata Kungurov seperti dilansir Alaraby, Kamis (22/12).

Baca Juga

Komite untuk Perlindungan Wartawan (CPJ) menyatakan keprihatinannya dan meminta pemerintah Rusia untuk melepaskan Aleksei Kungurov setelah dia dinyatakan bersalah karena dianggap “menyerukan terorisme” oleh pengadilan di Tyumen, 2.500 kilometer sebelah timur Moskow.

“Kami meminta pihak berwenang Rusia di Tyumen untuk segera membebaskan Aleksei Kungurov dan menghapus semua tuduhan terhadap dirinya,” kata Nina Ognianova, CPJ Eropa dan koordinator program Asia Tengah.

Rusia mulai serangan militernya di Suriah sejak akhir September 2015 untuk mendukung rezim Basyar Asad, dengan didukung pasukan khusus yang beroperasi di Suriah. (EZ/salam-online)

sumber: Alaraby.co.uk Araby

Baca Juga