Menlu Turki Harapkan Proses Evakuasi Warga Aleppo Selesai Akhir Pekan Ini

Menlu Iran, Menlu Rusia dan Menlu Turki dalam pertemuan di Moskow, Selasa, 20 Desember 2016, membahas masa depan Suriah

SALAM-ONLINE: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu berharap proses evakuasi terhadap warga Aleppo, Suriah, akan selesai pada akhir pekan ini. Cavusoglu mengatakan hal ini setelah rezim Basyar Asad menyetujui kehadiran tim pemantau dari PBB untuk memonitor proses evakuasi warga Aleppo.

Menurut Cavusoglu, proses evakuasi di Aleppo harus mengambil waktu tidak lebih dari dua hari. Hal ini menyusul langkah persatuan atas kekuatan-kekuatan dunia yang memberikan dukungan untuk rakyat Suriah hingga memungkinkan PBB memonitor proses evakuasi warga sipil Aleppo itu.

Sebanyak 37.500 pengungsi sejauh ini telah meninggalkan kota terbesar kedua di Suriah yang dilanda perang itu. “Tujuannya adalah untuk menyelesaikan semua proses evakuasi pada Rabu (21/12),” ujar Mevlut Cavusoglu melalui akun Twitternya pada Selasa (20/12) sebagaimana dilansir Aljazeera, Rabu (21/12).

Di Moskow, Cavusoglu telah melakukan pembicaraan dengan pihak Rusia dan Iran untuk membahas masa depan Suriah. Pada pertemuan Selasa (20/12) di ibu kota Moskow, Turki, Rusia dan Iran sepakat untuk menjamin pembicaraan damai Suriah dan memperluas gencatan senjata di negara yang tengah dirundung konflik itu.

Baca Juga

“Iran, Rusia dan Turki siap membantu penyusunan perjanjian antara rezim Suriah dengan oposisi,” kata Menlu Rusia Sergei Lavrov. Menurut Lavrov, para menteri setuju dengan pentingnya pelebaran gencatan senjata, akses gratis untuk bantuan kemanusiaan dan pergerakan warga sipil di wilayah Suriah.

Cavusoglu mengatakan dalam komentar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia, gencatan senjata harus mencakup wilayah Suriah secara seluruhnya, akan tetapi tidak termasuk Daesh (ISIS) dan kelompok lainnya. (EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga