PM Justin Trudeau: “Kanada Siap Sambut Pengungsi Muslim”

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat menyambut pengungsi Suriah pada 2015 lalu di bandara Toronto

TORONTO (SALAM-ONLINE): Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan pada Sabtu (28/1) bahwa negara yang dipimpinnya siap menyambut pengungsi Muslim yang ditolak memasuki Amerika Serikat (AS) oleh Presiden Donald Trump.

Trudeau juga berencana untuk membahas keberhasilan kebijakan pengungsi di Kanada dengan Trump. Pernyataan tersebut merupakan reaksi Trudeau atas larangan visa bagi negara-negara mayoritas Muslim yang mengalami penindasan di negaranya sendiri untuk memasuki AS.

Trudeau juga mengunggah sebuah gambar di akun Twitter pribadinya, yang menunjukkan ia sedang menyapa anak-anak Suriah di Bandara Toronto pada 2015.

“Untuk orang-orang yang melarikan diri dari penindasan, teror dan perang, Kanada akan menyambut Anda, terlepas dari apapun iman Anda. Keanekaragaman adalah kekuatan kami. #WelcomeToCanada,” ujar Trudeau, Sabtu (28/1), seperti dilansir Fox News.

Rencananya Trudeau akan membahas keberhasilan kebijakan pengungsi di Kanada dengan Trump. Trudeau mengaku, ia telah menerima kedatangan lebih dari 39 ribu pengungsi Suriah sejak ia terpilih menjadi perdana menteri.

Baca Juga

“Perdana Menteri berencana membahas keberhasilan kebijakan imigrasi dan pengungsian di Kanada dengan Presiden AS jika mereka bertemu,” ujar juru bicara Trudeau, Kate Purchase.

Wali Kota Toronto, John Tory pun mendukung pernyataan Trudeau. Ia bahkan menjuluki kotanya sebagai kota yang paling beragam di dunia.

“Kami memahami, sebagai orang Kanada hampir semua dari kami adalah imigran, dan tidak ada yang harus dibatasi atas dasar etnis atau kebangsaan,” tegas Tory.

Sebelumnya Departemen Luar Negeri AS menyatakan warga Kanada yang memiliki kewarganegaraan ganda dari Iran, Irak, Sudan, Somalia, Suriah, Yaman dan Libya akan ditolak masuk ke AS selama tiga bulan ke depan. Menanggapi hal itu Trudeau menulis sebuah tagar “ACanadianIsACanadian” di akun Twitter pribadinya. (EZ/salam-online)

Baca Juga