Mau Negosiasi Haji Tahun Ini, Iran Kirim Tim ke Arab Saudi

SALAM-ONLINE: Iran mengaku telah mengirimkan tim untuk melakukan pembicaraan di Arab Saudi terkait ibadah haji tahun ini. Sebelumnya jamaah Iran dilarang mengikuti prosesi haji pada 2016 lantaran meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

“Sebuah delegasi telah dikirim dari Republik Iran ke Arab Saudi untuk menindaklanjuti pembicaraan mengenai haji,” kata Menteri Kebudayaan Iran Reza Salehi Amiri di salah satu stasiun televisi negara itu, lansir Al Arabiya, Kamis (23/2/2017).

Meski demikian, Reza sendiri mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kerajaan Arab Saudi terkait negosiasi yang diusahakan pihaknya.

“Kebijakan Iran adalah untuk mengirim jamaah haji (tahun ini). Tentu saja, jika Arab Saudi menerima kondisi kita,” lanjut Reza.

Baca Juga

Tahun lulu, tidak ada jamaah haji resmi Iran yang diterima Arab Saudi setelah Riyadh memutuskan hubungan dengan Teheran menyusul pembakaran kantor kedutaan besar Kerajaan Arab Saudi di Teheran dan Mashhad yang dilakukan oleh pengunjuk rasa di negara Syiah itu.

Selain itu, ini adalah pertama kalinya dalam tiga dekade jamaah haji maupun umroh asal Iran tidak diberi kuota setelah memburuknya hubungan antara kedua negara tetangga Teluk dan persaingan regional atas konflik di Suriah dan Yaman. (MN Malisye/salam-online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga