Menhan AS Tuding Iran Sponsor Terbesar Terorisme Global

SALAM-ONLINE: Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis menuding Iran adalah negara yang paling besar mensponsori terorisme global. Untuk alasan itu, Presiden Donald Trump akan memberikan sanksi baru kepada negara yang disebut mamasok senjata kepada kelompok-kelompok teroris itu.

“Sejauh ini, Iran adalah negara terbesar yang mensponsori terorisme di dunia,” kata Mattis kepada wartawan di Tokyo, seperti dilansir Aljazeera, Sabtu (4/2).

Meski demikian, Mattis memastikan AS tidak punya rencana untuk meningkatkan jumlah pasukan di Timur Tengah menanggapi persoalan tersebut.

“Saya belum memikirkan untuk meningkatkan jumlah pasukan, pasukan yang kita miliki di Timur Tengah saat ini masih memadai,” katanya.

Pekan lalu, Iran melakukan uji tembak rudal jarak menengah. Gedung Putih mengatakan bahwa itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Teheran telah mengonfirmasi bahwa benar Iran telah menguji rudal balistik, tapi menepis jika disebut sebagai sebuah pelanggaran.

Baca Juga
James Mattis

Donald Trump yang dilantik sebagai Presiden AS yang ke-45 pada 20 Januari lalu, telah melarang semua pengungsi Muslim memasuki negara itu selama empat bulan.

Keputusan tersebut juga memberlakukan larangan selama 90 hari bagi imigran yang berasal dari tujuh negara mayoritas Muslim, yaitu Suriah, Yaman, Sudan, Libya, Iran, Irak dan Somalia untuk memasuki Amerika Serikat. (EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga