Abu Bakar Al-Baghdadi Diberitakan Akui Kekalahan ‘ISIS’ di Irak

Abu Bakar Al-Baghdadi

SALAM-ONLINE: Abu Bakar Al-Baghdadi diberitakan mengeluarkan pernyataan yang mengakui kekalahan kelompoknya yang dikenal dengan sebutan “Islamic State Iraq and Syria (ISIS)” atau “Islamic State (IS)” di Irak.

Oleh karenanya, dia mendesak para pendukung “IS (Daulah)” untuk bersembunyi atau melarikan diri. Dalam tantangan jaringan televisi Irak, Alsumaria, yang dilansir Al Arabiya, Rabu (1/3/2017), pernyataan Al-Baghdadi yang diberi judul ‘Pidato Perpisahan’ itu telah disebarluaskan, di antaranya ke para “khatib” dan “ulama” Daulah pada Selasa (28/2/2017) lalu.

Al-Baghdadi pun memerintahkan penutupan kantor “IS “yang mengatur para tentaranya. Ia juga menginstruksikan tentara “IS” non-Arab untuk kembali ke negaranya masing-masing. Atau, jika tidak, Al-Baghdadi memerintahkan mereka untuk meledakkan diri.

Baca Juga

Banyak para pemimpin “Daulah” yang melarikan diri ke wilayah Suriah yang masih dalam kekuasaan “IS” seperti Deir ez-Zour dan Raqqah.

Militer Irak yang didukung pasukan internasinal dan Amerika Serikat, selama beberapa pekan terakhir telah maju ke wilayah kekuasaan “IS” untuk melakukan perebutan wilayah. Dalam perebutan itu, wilayah kekuasaan “IS” satu persatu jatuh ke tangan rezim Irak. (MN Malisye)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga