PBB: Jumlah Pengungsi Suriah Mencapai 5 Juta Orang Lebih

JENEWA (SALAM-ONLINE): Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut jumlah orang yang mengungsi ke Turki, Lebanon, Yordania, Irak dan Mesir, akibat perang sipil di Suriah ke Turki, telah mencapai 5 juta orang lebih, lansir Middleeasteye, Kamis (30/3).

Angka mencengangkan itu dirilis oleh Badan Pengungsi PBB (UNHCR) di Jenewa, Swiss, Kamis (30/3). Warga sipil Suriah telah melarikan diri melintasi perbatasan sejak konflik berkepanjangan itu meletus pada Maret 2011. Jumlah para pengungsi meningkat pada 2013 dan 2014, namun bertambah lagi pada 2017 setelah rezim Basyar Asad bersama sekutunya, Rusia, berhasil menguasai kota Aleppo.

Sebanyak 5.018.168 orang sekarang telah berlindung di tetangga Suriah dan negara-negara lain di kawasan itu, demikian data yang dikumpulkan oleh UNHCR dan pemerintah Turki.

Jutaan lebih warga sipil telah melarikan diri ke negara lainnya, termasuk puluhan ribu warga pada bulan ini, terutama perempuan dan anak-anak, berusaha untuk menjauh dari serangan yang terjadi di kota Hama.

Baca Juga

Banyak dari warga Suriah juga telah mengungsi ke Eropa dalam jumlah besar hingga mencapai 884.461 jiwa. Hampir dua pertiga dari jumlah populasi berada di Jerman atau Swedia. (EZ/salam-online)

Sumber: Middleeasteye

Baca Juga