Pertempuran Mendekati Wilayah Padat Penduduk, Lebih 40.000 Lagi Warga Irak di Mosul Mengungsi

Seorang pria menangis sambil menggendong putrinya saat pertempuran di Mosul, Irak, berkecamuk, Sabtu, 4 Maret 2017. (Foto: Reuters/Goran Tomasevic)

SALAM-ONLINE: Lebih dari 40.000 orang telah mengungsi pada Ahad (5/3) dari kota Mosul, Irak, tempat di mana pertempuran antara pasukan Irak yang didukung AS dengan ISIS kian memanas, lansir Al Arabiya, Senin (6/3).

Ribuan warga telah mengungsi dalam beberapa hari terakhir. Pertempuran mendekati bagian yang paling padat penduduknya di wilayah Mosul barat. Badan-badan bantuan telah menyatakan keprihatinan bahwa kamp-kamp untuk menampung orang-orang yang melarikan diri dari kota hampir penuh.

PBB bulan lalu mengingatkan bahwa lebih dari setengah penduduk yang tersisa di Mosul barat mau tak mau harus dipindahkan.

Pasukan rezim Irak melancarkan serangan di wilayah timur Mosul pada Januari setelah 100 hari pertempuran. Pasukan rezim Irak juga melancarkan serangan di distrik-distrik yang terletak di sebelah barat sungai Tigris pada 19 Februari lalu.

Baca Juga

Dua belas orang, termasuk perempuan dan anak-anak, tengah menjalani perawatan di Erbil, ibu kota wilayah timur Kurdi dari Mosul akibat terkena paparan bahan kimia yang menyebabkan lecet, mata kemerahan, muntah dan iritasi, laporan PBB mengatakan pada Sabtu (4/3).

Beberapa ribu orang telah terbunuh dan terluka sejauh ini dalam serangan di Mosul, baik sipil dan militer, menurut organisasi bantuan kemanusiaan PBB (OCHA). (EZ/salam-online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga