Hadapi Keadaan Terparah dan Mengerikan, PBB: Ratusan Ribu Warga Suriah Terkepung

SALAM-ONLINE: Deputi Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, Stephen O’Brien, mengatakan ratusan ribu warga Suriah terjebak di daerah terkepung. Mereka tengah menghadapi keadaan terparah dan ancaman mengerikan.

Menurut O’Brien, perang di Suriah saat ini adalah yang terburuk bagi warga sipil. Dia mengatakan operasi militer dan penggunaan senjata peledak di wilayah kota dan desa-desa yang padat penduduknya seperti di Hama, Damaskus, Idlib, Aleppo, Daraa, Raqqa dan Deir Az-Zour telah membunuh dan melukai banyak warga sipil selama beberapa pekan terakhir. Kondisi terburuk ini menyebabkan puluhan ribu lebih warga mengungsi.

Selama bertugas di Suriah, O’Brien mengatakan, 13,5 juta orang telah mencoba untuk pergi tidur malam dan membutuhkan bantuan. “Dan tingkat keparahan kebutuhan kemanusiaan tidak menunjukkan tanda-tanda berakhir,” ujar O’Brien seperti dilansir Alaraby.co.uk (The New Arab), Jumat (31/3).

Dia berharap pada 2017 ini akan melihat “langkah perubahan” dalam pengiriman bantuan. Ia juga menyesalkan untuk setiap konvoi yang mencapai tujuannya selalu mengalami penundaan yang disebabkan oleh rezim Suriah.

Baca Juga

PBB, kata O’Brien, terus menerima laporan bahwa pertempuran dan serangan udara telah menyebabkan kematian dan cedera untuk sejumlah warga serta kerusakan infrastruktur sipil. “Termasuk sekolah, toko roti, pasar dan infrastruktur air,” katanya.

Ia mencontohkan serangan udara pada tanggal 21, 22 dan 27 Maret lalu. (EZ/salam-online)

Sumber: Alaraby.co.uk (The New Arab)

Baca Juga