Rusia Peringatkan AS Konsekuensi ‘Sangat Serius’ Jika Aksi Washington ke Suriah Berlanjut

Dubes Rusia di PBB, Vladimir Safronkov

SALAM-ONLINE: Rusia memperingatkan AS akan konsekuensi yang ‘sangat serius’ jika Washington mengambil tindakan lebih lanjut di Suriah.

Wakil Duta Besar Rusia di PBB, Vladimir Safronkov, sangat mengutuk serangan AS untuk apa yang dia sebut sebagai “pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional dan tindakan agresi” ke Suriah.

Rusia, kata Safronkov, memperingatkan konsekuensi yang ‘sangat serius’ jika Washington mengambil tindakan lebih lanjut di Suriah.

“Konsekuensi untuk stabilitas regional dan internasional ini bisa sangat serius,” katanya di hadapan Dewan Keamanan (DK) PBB seperti dikutip Aljazeera, Sabtu (8/4).

Baca Juga

Rusia adalah sekutu utama rezim Basyar Asad yang telah melancarkan serangan dengan menggunakan gas beracun di wilayah yang dikuasai kelompok pejuang Suriah sejak September 2015 lalu.

Sementara Duta Besar AS di PBB, Nikki Haley, mengatakan serangan rudal itu “sepenuhnya dibenarkan”. Ia bahkan memperingatkan bahwa Washington siap untuk mengambil tindakan militer lebih lanjut.

“Amerika Serikat mengambil langkah yang sangat diukur tadi malam (Jumat, 7/4),” katanya kepada DK PBB. “Kami siap untuk melakukan lebih dari itu, tapi kami berharap itu tak diperlukan.” (s)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga