Iran Ancam Serang Saudi

Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan

SALAM-ONLINE: Iran sesumbar menyerang sebagian besar Arab Saudi dengan pengecualian kota suci Makkah dan Madinah. Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan setelah seorang pangeran Saudi mengancam akan memindahkan “pertempuran” ke Iran.

“Jika Saudi melakukan sesuatu yang mereka sendiri tidak tahu apa-apa, kami akan serang mereka, kecuali Makkah dan Madinah,” kata Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan seperti dikutip oleh kantor berita semi-resmi Tasnim, lansir Reuters, Ahad (7/5).

“Mereka pikir mereka bisa melakukan sesuatu karena mereka memiliki angkatan udara,” ujar Dehghan mengacu pada serangan pesawat tempur Saudi ke kelompok Syiah Houthi yang menguasai ibukota Sana’a, Yaman.

Arab Saudi dan Iran bersaing kuat dalam mendapatkan pengaruh di Timur Tengah, termasuk dalam perang Suriah. Saudi menilai, Iran terlibat dalam mendanai dan memasok persenjataan kelompok-kelompok di dunia Arab yang memusuhi Arab Saudi.

Baca Juga

Wakil Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, mengenyampingkan setiap dialog dengan Iran dan berjanji untuk melindungi Arab Saudi dari upaya dominasi Iran terhadap dunia Islam.

“Kami tahu bahwa kami adalah tujuan utama rezim Iran,” katanya. “Kami tidak akan menunggu sampai pertempuran itu terjadi di Arab Saudi, kami akan bertarung di Iran daripada di Arab Saudi.” (PZ/Salam-Online)

Sumber: Reuters

Baca Juga