Liga Arab: Iran dan ‘Israel’ Mengambil Keuntungan dari Kekacauan yang Terjadi di Dunia Arab

Liga Arab: Iran dan “Israel” nikmati Kekacauan yang terjadi di dunia Arab. (Foto: AFP)

DUBAI (SALAM-ONLINE): Ketua Liga Arab Ahmed Abul Gheit memperingatkan pada Senin (1/5) bahwa Iran dan “Israel” mengambil keuntungan dan penerima maanfaat utama atas kekacauan yang terjadi di dunia Arab. Gheit menyebutnya sebagai kejadian terburuk yang pernah dia lihat.

“Saya belum pernah melihat yang lebih buruk dari apa yang sekarang kita lihat. Iran menikmati apa yang dunia Arab alami. Ada orang-orang di Iran yang mengawasi dan menunggu kita menghancurkan diri kita sendiri,” kata Abul Gheit di Forum Media Arab di Dubai seperti dilansir Al Arabiya, Senin (1/5/2017).

Hubungan antara Iran dengan negara-negara Arab semakin tegang dalam beberapa tahun terakhir, setelah Teheran mendukung rezim Suriah Basyar Asad, pemberontak Syiah Houthi di Yaman dan milisi Syiah bersenjata di Irak.

Baca Juga

“Israel”, menurut Abul Gheit, juga berdiri untuk mendapatkan keuntungan dari konflik di wilayah tersebut. “Israel berada di bawah tekanan besar untuk menemukan solusi dengan Palestina,” katanya.

“Perundingan” yang telah lama terhenti antara “Israel” dengan Palestina telah dibayangi oleh skenario global atas perang Suriah dan Irak dengan ISIS. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga