Erdogan dan Menlu AS Serukan Saudi Cabut Blokade terhadap Qatar

Rex Tillerson dan Erdogan di Ankara

SALAM-ONLINE: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menyerukan Saudi Arabia untuk mencabut blokade terhadap Qatar.

Menlu AS Rex Tillerson pada Jumat (9/6) mendesak Saudi dan negara-negara teluk Arab lainnya untuk mencabut blokade mereka terhadap Qatar dengan mengatakan bahwa hal itu menyebabkan konsekuensi kemanusiaan yang tidak diinginkan.

Mengacu pada komentar Tillerson mengenai blokade tersebut, Erdogan mengatakan dalam sebuah pidato pada sebuah acara buka puasa di Istanbul bahwa hal itu harus dicabut sepenuhnya.

“Ada orang-orang yang tidak nyaman bersama kami karena kami berdiri bersama Qatar. Saya minta maaf, kami akan terus memberi Qatar dukungan apa pun. Sampai saat ini saya belum melihat Qatar memberikan dukungan terhadap teror,” kata Erdogan.

Dalam acara itu, Erdogan berjanji untuk tetap mendukung Qatar setelah persetujuannya dengan undang-undang tentang penempatan pasukan militer Turki di Qatar melalui parlemen pada Rabu (7/6). Erdogan menolak tuduhan bahwa hal itu mendukung terorisme.

Baca Juga

Ia menegaskan bahwa mengisolasi Qatar tidak akan menyelesaikan masalah. Erdogan, yang telah lama mencoba memainkan peran di kawasan timur tengah, menyatakan Ankara akan melakukan segalanya untuk membantu mengakhiri krisis regional.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir dan beberapa negara lainnya memutuskan hubungan dengan Qatar pada Senin (5/6). Negara-negara itu menuduh Qatar mendukung militan Islam dan musuh utama mereka, Iran, yang menurut Qatar tidak masuk akal.

Negara-negara Arab memperketat tekanan mereka terhadap Qatar pada Jumat (9/6) dengan memasukkan puluhan tokoh yang memiliki kaitan negara tersebut dengan “daftar hitam terorisme”. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Reuters

Baca Juga