Jumlah Muslim Rohingya yang Menyelamatkan Diri Capai 400.000 Jiwa, 60% Anak-anak

Pengungsi Rohingya di Teknaff, Bangladesh

SALAM-ONLINE: Jumlah Muslim Rohingya yang menyelamatkan diri dari aksi kekerasan dan pembantaian di Rakhine, Myanmar, terus bertambah. Kini, arus pengungsi yang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh, sudah mencapai 400.000 orang, terhitung sejak 25 Agustus lalu, kata PBB, Kamis (14/9/2017).

“Hingga 400.000 Rohingya telah meninggalkan Myanmar ke Bangladesh sejak 25 Agustus. Setiap hari ribuan Rohingya mengungsi. Sekitar 60 persennya adalah anak-anak,” ungkap perwakilan UNICEF di Bangladesh, Edouard Beigbeder, sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu, Kamis (14/9).

Diperkirakan, jumlah yang melarikan diri ke negara tetangga seperti Bangladesh akan terus bertambah.

Para pengungsi tersebut menyelamatkan diri dari operasi militer di Myanmar. Operasi itu dilancarkan oleh pasukan keamanan dan gerombolan Buddha untuk membunuhi pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah dan membakar desa yang dihuni warga Muslim Rohingya.

Baca Juga

Menurut pemerintah Bangladesh, sekitar 3.000 Rohingya dibunuh dalam aksi kekerasan yang dilancarkan militer Myanmar dan gerombolan Buddha tersebut.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai salah satu etnis paling teraniaya di dunia, menghadapi ketakutan yang luar biasa saat serangan mematikan tersebut kembali dilancarkan sejak kekerasan komunal itu mereka alami pada 2012 silam. (S)

Sumber: Anadolu

Baca Juga