PM Hariri Tegaskan Segera Kembali ke Lebanon

Saad Hariri

SALAM-ONLINE: Perdana Menteri Lebanon Saad Al-Hariri yang menyatakan mengundurkan diri 4 November 2017 lalu di Arab Saudi mengumumkan pada Selasa (14/11/) bahwa dia akan kembali dari Saudi ke negaranya dalam dua hari ke depan.

“Saya merasa sehat, saya akan kembali ke Lebanon dalam dua hari,” kata Hariri dalam sebuah pesan yang diposkan di Twitter, Selasa (14/11), lansir kantor berita Anadolu Agency. “Keluargaku tinggal di sini, di Arab Saudi,” imbuhhnya.

Seperti diketahui sebelumnya pada 4 November lalu, Hariri mengumumkan pengunduran dirinya dalam tayangan di televisi Arab Saudi. Namun pengunduran diri tersebut belum bisa diterima oleh Presiden Lebanon Michel Aoun.

Dalam pidato pengunduran dirinya, Hariri mengkritik Iran dan sekutunya di Lebanon, “Hizbullah”. Hariri menuduh mereka (Iran dan “Hizbullah) menaburkan “hasutan” dan ikut campur dalam urusan Arab.

Baca Juga

Awal pekan ini, Hariri membantah tuduhan bahwa dia ditahan oleh Arab Saudi. Hariri mengatakan bahwa dia akan segera kembali ke Beirut, Lebanon.

Hariri mengaku kepergiannya ke Saudi lantaran keselamatannya terancam. Dia sendiri menyatakan tak ingin mengulangi peristiwa yang dialami ayahnya, Rafik Al-Hariri, yang dibunuh saat menjadi Perdana Menteri Lebanon pada 2005.

“Kita hidup (saat ini) di suasana serupa, dalam atmosfer yang terasa sebelum pembunuhan martir Rafik Al-Hariri. Saya merasakan ada rencana-rencana tersembunyi untuk mengincar nyawa saya,” ungkap Hariri yang selama ini berseberangan dengan “Hizbullah” dukungan Iran. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga