Berpihak pada yang Benar

Prof Bahtiar Ajak Pemuda Islam Kuasai Ranah Politik

Prof Dr Bahtiar Effendy

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Islam saat ini jadi kambing hitam atas segala permasalahan yang ada seperti terorisme, radikalisme dan toleransi. Hal itu antara lain disebabkan umat Islam tidak menguasai politik.

Oleh karenanya, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Prof Dr Bahtiar Effendy mengajak para pemuda Islam agar memiliki kepribadian dan integritas untuk masuk ke dalam ranah politik.

“Perbanyaklah anak-anak lulusan pesantren untuk menjadi penegak hukum, perbanyaklah para pemuda untuk menjadi birokrat dan menjadi politisi, menjadi hakim, menjadi jaksa, sehingga keadilan di bidang hukum bisa ditegakkan,” kata Bahtiar kepada Salam-Online, Rabu (29/11/2017).

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri ini mengatakan, jika para pemuda menguasai ranah politik, setidaknya dapat mengurangi praktik-praktik yang menyimpang dari prinsip-prinsip Islam.

“Kalau para pemuda Islam menguasai politik, kita bisa tentukan siapa penegak hukumnya, siapa hakimnya, maka Insya Allah Islam akan terangkat. Kalau orang-orang Islam itu sendiri nantinya terbukti melakukan hal yang tidak baik, tentu ini tidak ada hubungannya dengan nilai-nilai agama,”

terang Bahtiar. (EZ/Salam-Online)

Anda mungkin juga berminat