Koalisi Saudi Gempur Gudang Senjata Syiah Houthi, 15 Tewas

Koalisi Saudi melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman

SALAM-ONLINE: Sedikitnya 15 pemberontak Syiah Houthi tewas dalam serangan udara koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Yaman barat, pada Ahad (17/12/2017). Sejumlah pemberontak pendukung Houthi itu pun terluka akibat serangan yang menargetkan basis Houthi di provinsi Hodeidah.

“Rumah sakit membludak dipenuhi dengan pasukan Houthi yang terluka akibat pertempuran di bagian selatan (Yaman),” ungkap sumber lokal yang tidak ingin dipublikasikan identitasnya sebagaimana dilansir Middleeastmonitor, Ahad (17/12).

Sumber lokal lainnya menyebutkan, ledakan kuat terdengar keras di sekitar wilayah pertempuran antara koalisi Saudi dengan kelompok Houthi yang didukung Iran. Ledakan kuat itu diperkirakan berasal dari gudang penyimpanan senjata Houthi di provinsi tersebut.

Yaman telah berkecamuk dengan konflik sejak 2014. Konflik itu dipicu perebutan kekuasaan antara pendukung Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi dengan pasukan pemberontak Houthi yang sempat menguasaai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota Sana’a.

Baca Juga

Konflik itu semakin berlarut setelah koalisi militer pimpinan Saudi menggencarkan serangan udara ke wilayah-wilayah kekuasaan Houthi untuk mengembalikan kepemimpinan Presiden Hadi yang meninggalkan Yaman akibat tekanan oposisi.

Sejak itu, Yaman berangsur menjadi negara porak-poranda yang menyisakan tragedi kemanusiaan. PBB menyebut, bencana kelaparan akut yang menyerang jutaan Penduduk—termasuk anak-anak, penyebaran wabah kolera, dan krisis air bersih yang terjadi di negara termiskin di Arab itu sebagai bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern. (al-Fath/Salam-Online)

Sumber: Middle East Monitor

Baca Juga