Paus Bela Uskup Chile yang Disebut Tutupi Kasus Pelecehan Seksual Pastor

Paus Fransiskus

SALAM-ONLINE: Paus Fransiskus pada Kamis (18/1) membela seorang uskup Chile yang disebut menutupi pelecehan seksual yang dilakukan seorang pastor terhadap anak-anak.

“Pada hari mereka menunjukkan bukti terhadap Uskup Barros kepada saya, maka saya akan berbicara,” kata Paus menanggapi pertanyaan wartawan tentang uskup berusia 61 tahun yang dia tunjuk pada 2015 meski disebut menutupi pelecehan seksual yang dilakukan seorang pastor kepada anak-anak lelaki.

“Tidak ada satu pun bukti terhadapnya. Semuanya adalah fitnah,” ujar Paus sebelum merayakan misa di kota utara Iquique.

Uskup Juan Barros menghadiri misa di pantai Lobito dekat Iquique itu bersama ratusan uskup dan pastor lain. Barros sebelumnya juga menghadiri misa terbuka dan pertemuan Paus dengan klerus di katedral Santiago.

Baca Juga

Beberapa hari sebelum kunjungan Paus pada Senin, organisasi non-pemerintah yang berbasis di Amerika Serikat, Bishop Accountability, mengatakan bahwa hampir 80 anggota klerus Katolik Roma dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak di Chile sejak 2000.

Kelompok-kelompok Katolik lokal di keuskupan bagian selatan Osorno meminta Paus Fransiskus mencopot Barros karena hubungannya dengan salah satu pelaku pelecehan seksual, pastor paedofil Fernando Karadima.

“Barros pembohong, penjahat, yang amnesia setelah menutupi tindakan Karadima. Dia sudah menutupi pelanggaran dan harus dipenjara atau setidaknya dicopot,” seru Juan Carlos Cruz, salah satu korban Karadima sebagaimana dikutip AFP. (*)

Sumber: Antara

Baca Juga