Salah Satu Sebab Iran Diguncang Demo: Masalah Ekonomi

TEHERAN (SALAM-ONLINE): Masalah ekonomi adalah salah satu alasan utama di balik gelombang demonstrasi di Iran, menurut para ahli.

Sekretaris Jenderal Partai Buruh dan mantan Menteri Tenaga Kerja Iran, Hossein Kamali, mengungkapkan alasan di balik demonstrasi yang dimulai sejak 28 Desember 2017 tersebut, dan meluas ke seluruh negeri.

Menurut Kamali, alasan utama demonstrasi tersebut karena memburuknya standar hidup rakyat seiring dengan semakin tingginya biaya hidup.

Sejak Kamis, 28 Desember 2017, warga Iran turun ke jalan di kota-kota di timur laut Masyhad dan Kashmar untuk memprotes tingginya inflasi diikuti harga-harga kebutuhan pokok yang melambung serta korupsi dan salah urus dalam pengelolaan negara dan pemerintahan.

Sedikitnya 23 orang telah terbunuh, termasuk seorang perwira polisi dalam sepekan unjuk rasa. Sementara ratusan lainnya dilaporkan telah ditahan.

Kamali menyarankan agar pemerintah  transparan dalam program anggaran tahun depan.

Baca Juga

“Krisis dapat diatasi dengan mengadopsi ‘politik transparan’,” sarannya seperti dikutip Anadolu Agency, Kamis (4/1/18).

Mantan menteri ini juga meminta pembentukan bisnis baru di bidang pertanian dan pertambangan untuk mengatasi masalah pengangguran.

Dosen Universitas Allameh Tabatabi di Teheran, Mahdi Pazouki, mengatakan bahwa ekonomi Iran membutuhkan sebuah “disiplin”.

Menurutnya, Iran dapat memperoleh keuntungan dari pengalaman Turki, sebuah negara yang mengalami inflasi tinggi selama tahun 1980an, namun saat ini termasuk di antara negara-negara G20. (S)

Sumber: Anadolu

Baca Juga