52 Roket PYD/PKK Sasar Warga Sipil di Provinsi Turki yang Berbatasan dengan Suriah

HATAY (SALAM-ONLINE): Lima warga sipil terbunuh dan 73 lainnya, termasuk anak-anak, terluka dalam 10 hari terakhir ketika teroris PYD/PKK menembakkan 52 roket dan satu mortir dari wilayah barat laut Suriah ke provinsi Kilis dan Hatay yang berbatasan dengan Turki.

Sejak Turki meluncurkan ‘Operasi Cabang Zaitun’, mulai 20 Januari 2018, untuk menumpas teroris dari wilayah Afrin, kelompok PYD/PKK telah melakukan 22 serangan lintas batas ke pusat kota Kilis dan 30 roket serta satu mortir telah menyerang Reyhanli, Hatay, Hassa dan distrik Kirikhan, kawasan sipil.

Dalam serangan yang diarahkan ke kawasan sipil itu, seperti diberitakan kantor berita Anadolu, Rabu (31/1), lima orang, termasuk 2 warga sipil Suriah terbunuh dan 73 lainnya, termasuk anak-anak, terluka.

Fatma Avlar (17), dan seorang pencari suaka Suriah Nader Al Fares (51), meninggal di rumah sakit akibat luka yang mereka derita dalam serangan roket lintas batas di Reyhanli.

Sebanyak 28 mortir telah mendarat di kawasan sipil di distrik Reyhanli, Hatay, Turki; dua roket mendarat di pinggiran Hassa dan sebuah tempur mortir menyerang Kirikhan.

Sahin Elitas, seorang pekerja Distribusi Listrik Turki (TEDAS) berusia 30 tahun, meninggal dalam serangan terhadap Kirikhan; 51 lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Dalam serangan terhadap Reyhanli, 11 rumah dan 15 tempat bisnis rusak; 20 kendaraan juga hancur.

Masjid Kena Roket

Baca Juga

Sebelumnya militer Turki dan oposisi Suriah menangkap beberapa milisi YPG/PYD/PKK di bukit Bursaya, Suriah utara. PYD/PKK sering menggunakan bukit Bursaya untuk melancarkan serangan terhadap warga sipil di provinsi Kilis, Turki, dan distrik Azaz di Suriah melalui tembakan mortir, artileri dan rudal.

Sebanyak 22 roket yang ditembakkan oleh teroris menghantam sebuah masjid, beberapa rumah dan kawasan bisnis di Kilis, Turki.

Dalam serangan teroris yang dilancarkan dari Afrin ke Kilis itu, lima rumah, sebuah masjid dan enam kendaraan rusak.

Dua warga sipil, salah satunya adalah seorang pengungsi Suriah, tewas dan 22 lainnya cedera dalam serangan di kota tersebut.

Muzaffer Aydemir (72) dan Tariq Tabbaq (28) terbunuh dan enam lainnya cedera saat sebuah roket yang ditembakkan oleh teroris PKY/PKK dari Suriah menghantam Masjid Calik di Kilis sekitar pukul 6.10 pada 24 Januari 2018 lalu. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga