Pesawat dengan 71 Penumpang Jatuh di Dekat Moskow

Layanan darurat bekerja di lokasi pesawat jatuh, Minggu, 11 Februari 2018. (Foto: Maxim Shemetov/Reuters)

MOSKOW (SALAM-ONLINE): Sebuah maskapai penerbangan Rusia yang membawa 71 orang, termasuk 6 kru, jatuh beberapa menit setelah take-off dari bandara Domodedovo, Moskow, menewaskan semua penumpang di dalamnya.

Layanan darurat mengonfirmasi telah menemukan puing-puing Antonov An-148 di pinggiran Moskow, kantor berita Rusia, Tass, melaporkan Minggu (11/2/18).

Pesawat tersebut bertolak dari ibu kota Moskow menuju kota Orsk berjarak 1.500 km, dekat perbatasan Kazakhstan, membawa 65 penumpang dan enam awak, lapor kantor berita Interfax.

“Puing-puing telah ditemukan, tidak ada korban yang selamat,” lapor Tass mengutip sumber layanan darurat.

Sementara Menteri Transportasi Rusia, Maxim Sololov, memastikan tidak ada korban selamat. Sokolov dan dinas penyelamat berusaha mencapai lokasi kecelakaan.

Tak jelas apa yang menyebabkan kecelakaan itu. Kementerian Perhubungan Rusia menduga berbagai kemungkinan alasan, termasuk kondisi cuaca dan kesalahan pilot, lapor Interfax.

Kementerian transportasi Rusia sedang menyelidiki kemungkinan penyebabnya, termasuk kondisi cuaca dan kesalahan pilot, kata kantor berita Interfax, sebagaimana dikutip Aljazeera, Senin (12/2).

“Presiden (Vladimir Putin) telah menginstruksikan untuk membentuk sebuah komisi khusus mengenai kecelakaan pesawat di wilayah Moskow itu,” kata kantor berita Tass mengutip sekretaris pers Putin Dmitry Peskov.

Seorang sumber dari dinas darurat mengatakan kepada Interfax bahwa pesawat tersebut telah diproduksi kurang dari delapan tahun yang lalu.

“Pertama kali digunakan oleh Rossiya Airlines yang melakukan penerbangan internasional, dan lain-lain, pesawat itu diberikan kepada Saratov Airlines,” katanya.

Dia mengatakan, serah terima tersebut terjadi sebagai bagian dari kesepakatan subleasing yang melibatkan empat pesawat bertipe sama, dengan kapasitas 83 kursi.

Kecelakaan pesawat tidak biasa di Rusia.

Pada Desember 2016, sebuah pesawat militer yang membawa Tentara Merah Rusia, Choir, jatuh setelah lepas landas dari resor Sochi Laut Hitam, menewaskan sekitar 92 orang di dalamnya. Pilot disalahkan atas kecelakaan itu.

Sebuah pesawat yang membawa tim hoki es Lokomotiv Yaroslavl tergelincir dari landasan pacu saat lepas landas dan menabrak menara pada September 2011, menewaskan 44 pemain dan staf di kota Yaroslavl. Satu orang selamat. (S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga