Ribuan Warga Turki di Eropa Akan Hadiri Aksi Dukungan untuk Operasi Militer di Afrin Suriah

BRUSSELS (SALAM-ONLINE): Ribuan warga Turki yang tinggal di Eropa diharapkan menghadiri sebuah demonstrasi di ibu kota Belgia, Brussels, Ahad (25/2/2018). Unjuk rasa ini digelar untuk mengungkapkan dukungan dan solidaritas terhadap Turki dalam operasi militer di Afrin Suriah yang berlangsung sejak 20 Januari 2018 lalu.

Diinisiasi oleh Demokratik Turki Uni Eropa (UETD), aksi solidaritas yang digelar di Schuman Square tersebut bertujuan untuk menunjukkan dukungan warga Turki yang tinggal di Eropa terhadap operasi militer di Afrin Suriah, kata Basir Hamarat dari kantor perwakilan Turki di Belgia.

“Jika Belgia dikelilingi oleh kelompok teror, bagaimana reaksi atas hal itu ? Kelompok teror telah mengepung Turki dan kami yakin operasi yang sedang dilakukan (oleh Turki) adalah respons yang tepat,” ujar Hamarat, sebagaimana dikutip Worldbulletin, Jumat (23/2).

Aksi solidaritas ini akan dihadiri oleh Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party), Mehdi Eker, dan Ketua Serikat Pekerja, Zafer Sirakaya.

Rencananya aksi tersebut akan berlangsung pada Ahad (25/2) siang.

Diberitakan, sejak diluncurkannya operasi pada 20 Januari lalu, militer Turki dan oposisi Suriah (FSA) berhasil membebaskan 97 sasaran, termasuk satu pusat distrik, ditambah 69 desa, 20 gunung dan bukit strategis, serta satu basis YPG/PKK dan ISIS (Daesh).

Baca Juga

Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk menumpas kelompok teror YPG/PKK dan ISIS dari wilayah Afrin, Suriah.

Menurut Staf Umum Militer Turki, operasi tersebut bertujuan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki serta melindungi warga Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

“Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah,” katanya. (S)

Sumber: Worldbulletin

Baca Juga