Tembaki Gedung Kedutaan Korea Utara, Dua Ekstremis Sayap Kanan Jepang Ditangkap

TOKYO (SALAM-ONLINE): Dua ekstremis sayap kanan Jepang ditangkap pada Jumat (23/2/2018) setelah melepaskan tembakan ke sebuah bangunan di Tokyo yang berfungsi sebagai kedutaan de facto untuk Korea Utara, kata polisi.

Insiden tersebut seperti dilansir Worldbulletin, Jumat (23/2), terjadi saat Korea Utara memerintahkan untuk memperluas perhatian media global sehingga berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Satoshi Katsurada (56) dan Yoshinori Kawamura (46), ditangkap, setelah diduga melepaskan tembakan ke arah gedung tersebut beberapa kali sekitar pukul 3:50 am, kata seorang juru bicara Polisi Metropolitan Tokyo.

“Mereka ditangkap di tempat,” katanya kepada AFP, seraya menambahkan tak ada seorang pun yang terluka dalam insiden di Asosiasi Umum Warga Korea atau Chongryon tersebut.

Kedua pria tersebut melaju menuju gedung tersebut dan melepaskan tembakan ke pintu gerbang dari kendaraan mereka, kata media setempat. Mereka kemudian keluar dari dalam mobil dan ditangkap.

Baca Juga

Kedua pria tersebut terkait dengan gerakan sayap kanan, Katsurada, yang diketahui telah melakukan demonstrasi menentang Korea Utara di masa lalu, ungkap media.

Nam Sung-U, Wakil Ketua Chongryon, menyebutnya sebagai “tindakan teror tercela”.

Dalam sebuah pernyataan, dia menyalahkan “kebijakan bermusuhan” pemerintah Jepang terhadap Korea Utara sehingga memicu kebencian terhadap warga Korea di Jepang. (S)

Sumber: Worldbulletin

Baca Juga