Senator AS Ini Minta Putra Mahkota Saudi Bantu Warga Miskin di Gaza

Senator dan mantan kandidat Presiden AS Bernie Sanders. (Gage Skidmore/Flickr)

SALAM-ONLINE: Senator AS dan mantan kandidat presiden Demokrat, Bernie Sanders mengkritik Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman (MBS) karena tidak berbuat cukup untuk membantu warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung.

“Putra Mahkota Saudi baru saja membeli kapal pesiar setengah miliar dolar karena dia pikir itu indah. Saya juga yakin bahwa istananya; yang paling mahal di dunia dan bernilai US$ 300 juta juga indah,” sindir Sanders dalam konferensi tahunan kelompok Yahudi pro-perdamaian, J-Street. 

“Berhenti berbicara tentang orang miskin dan tragedi mereka di Jalur Gaza dan lakukan sesuatu tentang itu,” serunya seperti dilansir Middle East Monitor, Kamis (19/4/2018).

Sanders mengatakan Arab Saudi telah memberikan US$ 50 juta kepada Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA);  hanya sepuluh persen dari apa yang dikeluarkan Putra Mahkota Saudi itu untuk kapal pesiar.

Baca Juga

Sebelumnya Raja Saudi Salman Bin Abdulaziz mengumumkan di KTT Liga Arab pada Ahad (15/4) bahwa Kerajaan telah menyumbang US$ 150 juta untuk mendukung Wakaf Islam di Al-Quds (Yerusalem)-Palestina dan US$ 50 juta lainnya untuk UNRWA.

Biro Pusat Statistik Palestina mengumumkan pekan lalu bahwa lebih dari separuh orang di Gaza, atau 53 persen dari penduduk daerah kantong itu, hidup dalam kemiskinan.

Badan-badan PBB memperingatkan bahwa Jalur Gaza akan tidak layak untuk tempat tinggal manusia pada 2020 karena kurangnya air minum yang bersih. PBB mengatakan tahun lalu bahwa 80 persen populasi Gaza membutuhkan bantuan kemanusiaan yang mendesak. (S)

Sumber: Middle East Monitor

Baca Juga