4 Provinsi Terancam Kelaparan, Rakyat Iran Tuduh Pejabatnya Hamburkan Sumber Daya Negara ke Suriah

Parlemen Iran di Teheran

SALAM-ONLINE: Seorang anggota parlemen Iran mengatakan, Minggu (27/5/2018) bahwa penduduk dari empat provinsi di negara itu menghadapi ancaman kelaparan.

Peta Provinsi Iran

Mohammad Naim Aminifard, kepala perwakilan dari provinsi Sistan dan Baluchestan, telah membuat pernyataan ini dalam pidatonya di Parlemen.

Aminifard menjelaskan bahwa rakyat di provinsi Sistan dan Baluchestan, Hormozgan, Bushehr dan Khorasan Selatan menghadapi risiko kelaparan karena kemiskinan, kata Kantor Berita Buruh Iran.

“75 persen penduduk Sistan dan Baluchestan, menghadapi risiko kelaparan,” ungkap Aminifard seperti dikutip Middle East Monitor, Senin (28/5). Dia mencatat provinsi tersebut menempati “peringkat terendah di negara ini dalam hal distribusi pendapatan nasional”.

Baca Juga

“Kurangnya modal dan kekeringan, yang telah berlangsung selama 18 tahun, telah menyebabkan kekurangan yang dramatis pada tingkat ketahanan pangan di provinsi (Sistan dan Baluchestan),” kata Aminifard.

“Desa-desa di provinsi ini menghadapi krisis besar dalam hal air bersih dan roti,” ujar Alim Yarmohammadi, perwakilan dari kota Zahedan, yang berafiliasi dengan Sistan dan Baluchestan.

Dalam situasi seperti ini, rakyat Iran menuduh para pejabat di negara itu menghambur-hamburkan sumber daya negara melalui intervensi militer di negara-negara seperti Suriah, Yaman dan Irak. (S)

Sumber: Middle East Monitor

Baca Juga