Saudi-Vatikan Tandatangani Kesepakatan Bangun Gereja

Kardinal Jean-Louis Tauran mengunjungi Arab Saudi pada April 2018 lalu. (Foto: Max Rossi/Reuters)

SALAM-ONLINE: Arab Saudi telah menandatangani perjanjian dengan Vatikan untuk membangun gereja bagi warga Kristen, menurut laporan media Mesir yang dilansir Aljeazeera, Sabtu (5/5/2018).

Media Mesir melaporkan, Kerajaan Saudi Arabia (KSA) telah menandatangani perjanjian dengan Vatikan untuk membangun gereja bagi warga Kristen. Isi perjanjian itu sendiri belum dapat diverifikasi secara independen.

Surat kabar online Mesir Independent pada Rabu mengatakan perjanjian itu ditandatangani saat kunjungan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di Vatikan, Jean-Louis Tauran, ke kerajaan Saudi pada April 2018 lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Vatikan News, Tauran mengonfirmasi sebuah deklarasi yang telah ditandatangani yang membuka jalan bagi dialog lebih lanjut, tetapi tidak menyebutkan pembangunan gereja pada masa depan di Arab Saudi.

Baca Juga

Tauran bertemu pejabat tingkat tinggi, termasuk Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada kunjungannya.

“Selama pertemuan, saya sangat menekankan pada titik ini, bahwa orang Kristen dan non-Muslim dibicarakan dengan baik di sekolah dan mereka tidak pernah dianggap sebagai warga kelas dua,” kata Tauran kepada Radio Vatikan setelah kepulangannya.

Arab Saudi sendiri selama ini melarang praktik agama selain Islam. (S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga