Pasukan Pro-Uni Emirat Arab Tahan Jurnalis di Yaman

Alasan penahanan Radad es-Selami dan keberadaannya masih belum diketahui, kata organisasi wartawan Yaman (SADA)ADEN (SALAM-ONLINE): Seorang jurnalis dan saudara kandungnya ditahan oleh pasukan pro Uni Emirat Arab (UEA) di Kota Lahij, Yaman selatan, demikian menurut Organisasi Jurnalis Nasional Yaman (SADA), Rabu (20/6/2018).

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Rabu (20/6), SADA menyatakan wartawan Radad es-Selami dan saudaranya ditahan oleh pasukan pro-UEA yang disebut “Security Belt” sepekan yang lalu, kemudian dibawa ke kamp Brigade ke-5. Alasan penahanannya masih belum diketahui.

Pernyataan itu menyerukan untuk mengakhiri tekanan sistematis terhadap media.

Kemiskinan Yaman masih dirusak oleh kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak milisi Syiah Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada 2015 ketika Saudi dengan sekutu Arabnya—yang menyebut Houthi melayani proxy Syiah Irannya—meluncurkan kampanye serangan udara besar-besaran di Yaman untuk mengembalikan keuntungan milisi tersebut.

Baca Juga

Tahun berikutnya, pembicaraan damai yang disponsori PBB di Kuwait gagal mengakhiri konflik yang memorakporandakan sebagian besar Yaman tersebut.

Kekerasan yang sedang berlangsung dan telah menghancurkan infrastruktur Yaman, termasuk sistem air dan sanitasi itu, mendorong PBB untuk menggambarkan situasi negara ini sebagai “salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern”. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga