Lawan AS, Turki dan Prancis Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire (kiri) dan Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak. (AA)

ANKARA (SALAM-ONLINE): Menteri keuangan Turki dan mitranya dari Prancis pada Jumat (17/8/2018) kemarin menyepakati untuk melakukan perlawanan bersama atas sanksi AS terhadap Turki.

Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire melakukan pembicaraan melalui telepon untuk membahas kerja sama ekonomi, demikian disampaikan Kementerian Keuangan Turki sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu, Jumat (17/8).

Dilaporkan, Albayrak dan Le Maire sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral. Dikatakan, delegasi dari kedua negara akan bertemu di Paris pada 27 Agustus 2018 mendatang.

Menteri Turki juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron atas dukungan negara tersebut terhadap Turki.

Baca Juga

Turki dan AS saat ini sedang mengalami hubungan yang rumit setelah Washington memberlakukan sanksi terhadap dua menteri Kabinet Turki. AS menjatuhkan sanksi tersebut lantaran keduanya tidak membebaskan Andrew Craig Brunson, pendeta AS yang ditahan Turki. Brunson ditahan karena terlibat membantu kudeta yang gagal pada Juli 2017 tahun lalu.

Presiden Donald Trump pekan lalu meningkatkan serangannya ke Turki dengan menggandakan tarif AS atas impor aluminium dan baja Turki.

Namun pada Rabu (15/8), sebagai balasan, Turki menaikkan tarif untuk beberapa produk asal AS, termasuk minuman beralkohol, produk tembakau dan mobil. (S)

 Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga