PBB: Cina Tahan Satu Juta Muslim Uighur di Sebuah Kamp Rahasia

Muslim Uighurs dituduh melakukan aktivitas terorisme oleh Cina

SALAM-ONLINE: Cina disebut telah menahan lebih dari satu juta Muslim Uighur. Pakar HAM PBB mengatakan satu juta Muslim Uighur itu ditahan “di sebuah kamp interniran besar-besaran dan rahasia”, Aljazeera melaporkan, Jumat (31/82018).

Kamp-kamp itu diyakini berada di wilayah barat Xinjiang. Otoritas Cina menyangkal kamp semacam itu ada. Tetapi mereka mengatakan para “penjahat” yang terlibat dalam pelanggaran dikirim ke tempat yang mereka sebut sebagai “pusat pendidikan dan pelatihan kerja” dengan dalih untuk membantu reintegrasi para “penjahat” itu ke dalam masyarakat.

Sekitar 10 juta Muslim Uighur sebagian besar tinggal di Xinjiang. Cina berdalih tindakan keras mereka terhadap Muslim Uighur untuk menjaga perdamaian dan mencegah apa yang mereka sebut sebagai “terorisme”.

Otoritas Cina menyebut kerusuhan etnis dan separatis dalam beberapa tahun terakhir dilakukan oleh Uighur. Penguasa Cina juga menuduh Muslim Uighur atas beberapa serangan, termasuk di Lapangan Tiananmen, Beijing, pada 2013. (S)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga