Di Turki, Menlu AS Diberitakan Dengarkan Rekaman ‘Pembunuhan’ Khashoggi

Menlu AS Mike Pompeo di Ankara, Turki

WASHINGTON (SALAM-ONLINE): Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendengarkan rekaman audio yang diduga berisi ‘pembunuhan’ jurnalis yang hilang, Jamal Khashoggi, ABC News melaporkan Kamis (18/10/2018), mengutip keterangan seorang pejabat senior Turki.

Khashoggi, kolumnis koran The Washington Post, diduga dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul. Dugaan ini muncul setelah dia memasuki gedung konsulat itu pada 2 Oktober lalu, tapi tidak pernah terlihat keluar.

Menurut ABC News, pejabat Turki mengatakan Pompeo mendengarkan rekaman itu pada Rabu (17/10) selama kunjungannya di Ankara. Pompedo juga mendapatkan transkrip rekamannya.

ABC News juga melaporkan bahwa “pejabat Turki yakin Khashoggi dibunuh di dalam konsulat Saudi setelah upaya yang berlangsung selama delapan menit dan mereka percaya Khashoggi meninggal karena tercekik”.

Namun Departemen Luar Negeri AS membantah laporan itu.

“Pompeo belum pernah mendengar rekaman atau melihat transkrip terkait hilangnya Jamal Khashoggi,” kata juru bicara Deplu AS Heather Nauert seperti dikutip kantor berita Anadolu, Jumat (19/10).

Baca Juga

Sebelum kunjungannya ke Ankara, Turki, Pompeo pergi ke Arab Saudi. Dia mengadakan pembicaraan dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) tentang ‘hilang’nya Khashoggi.

Kepada wartawan di Gedung Putih sekembalinya dari kunjungan tersebut, Pompeo mengatakan ia menyarankan kepada Presiden Donald Trump agar memberi waktu Arab Saudi “beberapa hari lagi” untuk menyelesaikan penyelidikan mereka atas kasus ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada hari yang sama dengan hilangnya Khashoggi, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat. Mereka memasuki kantor konsulat Saudi di Istanbul ketika Khashoggi masih berada di dalam gedung itu, menurut sumber-sumber polisi Turki.

Semua individu yang telah diidentifikasi itu telah meninggalkan Turki pada hari itu juga.

Pada Rabu (17/10), unit investigasi TKP tiba di kediaman resmi Konsul Jenderal Saudi Mohammad al-Otaibi di Istanbul sekitar jam 4.40 sore. waktu setempat (1340GMT). Sementara Al-Otaibi meninggalkan Turki menuju Riyadh pada hari Selasa (16/10). (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga