Presiden Edogan Hari Ini Resmikan Bandara Terbesar di Dunia di Istanbul

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Upacara pembukaan tahap pertama bandara terbesar di dunia di Istanbul, Turki, akan berlangsung pada hari ini, Senin, 29 Oktober 2018. Sejumlah pemimpin dunia akan menghadiri acara pembukaan ini, lansir Anadolu Agency, Ahad (28/10).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan akan meresmikan megaproyek baru, Istanbul New Airport ini dalam upacara yang akan disiarkan secara langsung oleh seleuruh stasiun televisi, Senin (29/10), jam 4 sore waktu setempat (1300GMT), bertepatan dengan peringatan ke-95 tahun hari jadi Republik Turki.

Kapasitas bandara ini hampir dua kali lipat dari kapasitas bandara terbesar di dunia saat ini,  bandara Atlanta Hartsfield-Jackson, AS.

Interior bandara didesain dengan konsep khas Islam dan Turki. Menara kontrol lalu lintas udara yang berbentuk tulip dari interior ini telah memenangkan Penghargaan Arsitektur Internasional pada 2016 lalu. Bandara ini juga akan menggunakan aplikasi mobile dan artificial intelligence untuk penumpang, serta menawarkan sistem keamanan berteknologi tinggi.

Bandara internasional Istanbul, Mustafa Kemal Ataturk, yang selama ini melayani 64 juta penumpang pertahun akan ditutup. Sementara Sabiha Gokcen Airport yang melayani 31 juta penumpang pertahun, akan tetap terbuka. Diperkirakan, bandara terbesar di dunia ini akan beroperasi penuh pada Desember mendatang.

Erdogan kemungkinan akan mengumumkan nama resmi Istanbul New Airport ini saat upacara peresmian sore nanti.

Lebih dari 50 pejabat asing dari setidaknya 18 negara, termasuk Republik Siprus Utara, Makedonia, Moldova, Pakistan, Serbia, Sudan, Bosnia, Bulgaria, Republik Demokratik Kongo, Slovenia, Georgia, Iran, Satuan Wilayah Otonomi Independen Gagauzia dan Inggris akan menghadiri upacara peresmian ini.

Dibangun oleh konsorsium lima kontraktor—Limak, Kolin, Cengiz, Mapa dan Kalyon—megaproyek ini  menerapkan model build-operate-transfer. Proyek ini akan memberikan lebih dari 26 miliar euro ($ 30.65 miliar) pendapatan untuk pemerintah Turki,

Tersebar di area seluas lebih dari 76 juta meter persegi (818 kaki persegi), tahap pertama bandara akan melayani 90 juta penumpang.

Tahap yang tersisa akan selesai pada 2023. Bandara ini akan memiliki enam landasan pacu terpisah dengan kapasitas 500 pesawat, 200 juta penumpang per tahun serta parkir mobil terbuka dan tertutup untuk 70.000 mobil.

Area ini juga akan menjadi rumah bagi komplek perbelanjaan bebas pajak terbesar di dunia. Komplek perbelanjaan seluas 53.000 meter persegi di kawasan bandara ini terdiri dari enam bagian, termasuk toko mewah dan konsep bazaar.

Penerbangan perdana bandara akan dilakukan ke ibu kota Turki, Ankara, pada 31 Oktober mendatang. Sementara penerbangan internasional pertama akan dilakukan ke Republik Siprus Utara keesokan harinya, Kamis (1/11/2018). Sementara penerbangan pertama ke ibu kota Azerbaijan, Baku, akan berlangsung pada 8 November.

Akan ada juga penerbangan lokal ke kota selatan Antalya, pada 1 November dan kota barat Izmir, pada 2 November.

Diharapkan, 2.000 pesawat setiap harinya akan menggunakan bandara baru Istanbul pada akhir tahun ini ke lebih dari 350 tujuan yang dipandu oleh lebih 250 operator. (mus)

Sumber: AA, AP

Baca Juga