Seorang Tersangka Kasus Khashoggi Dilaporkan ‘Tewas dalam Kecelakaan Mobil’

Mashal Saad al-Bostani

SALAM-ONLINE: Sebuah harian Turki melaporkan pada 18 Oktober 2018 bahwa salah satu tersangka yang terlibat dalam hilangnya jurnalis dan kolumnis Saudi Jamal Khashoggi meninggal dalam “kecelakaan mobil yang mencurigakan” di Riyadh.

Mashal Saad al-Bostani, seorang letnan berusia 31 tahun dari Angkatan Udara Kerajaan Saudi, termasuk di antara 15 tersangka yang tiba dan meninggalkan Turki pada 2 Oktober lalu setelah mendatangi Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Pada saat yang sama Khashoggi juga berada di Konsulat tersebut, kata harian Yeni Şafak.

Surat kabar itu seperti dikutip hurriyetdailynews, Rabu (18/10) mengatakan, sumber-sumber tidak merilis rincian tentang kecelakaan lalu lintas di Riyadh tersebut. Dan, peran Bostani dalam “pembunuhan” itu pun belum jelas.

Kolumnis harian Hürriyet Abdulkadir Selvi, Kamis (18/10) memperkirakan bahwa Konsul Jenderal Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi bisa menjadi “eksekusi berikutnya”. Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS), menurutnya “akan melakukan apa pun untuk menghilangkan bukti”.

Harian Turki Yeni Şafak melaporkan, Rabu (17/10) bahwa suara Al-Otaibi dapat didengar di salah satu rekaman saat ‘interogasi’ terhadap Khashoggi di konsulat berlangsung, begitu yang diyakini oleh otoritas Turki.

Menurut laporan itu, setelah Al-Otaibi mengatakan kepada para interogator agar melakukan (eksekusi Khashoggi) di tempat lain, di luar atau “Saya akan mendapat masalah”, dia diminta untuk “Tutup mulut jika Anda ingin tetap hidup saat Anda kembali ke Arab Saudi.”

Baca Juga

Al-Otaibi kembali ke Arab Saudi pada Selasa 16 Oktober sebelum kediamannya di Istanbul digeledah oleh polisi selama lebih dari delapan jam pada 17 Oktober dan 18 Oktober.

Sementara itu, surat kabar Sabah merilis gambar dari kamera keamanan pada Kamis 18 Oktober, terkait tersangka lain.

Menurut laporan itu, Maher Abdulaziz M. Mutreb (47 tahun), seorang perwira intelijen yang sebelumnya bertugas di kedutaan Arab Saudi, mendarat di Istanbul pada 2 Oktober pukul 3:38 pagi. Dia menuju Konsulat Saudi di Istanbul pada pukul 9:55 pagi.

Beberapa jam setelah kedatangan dan hilangnya Khashoggi, Mutreb meninggalkan Konsulat Saudi. Mutreb mengunjungi kediaman Konsul Jenderal Saudi, Al-Otaibi, pada jam 16:53 waktu setempat dan meninggalkan hotelnya pukul 17:15. Kemudian ia tiba di Bandara Atatürk untuk melakukan perjalanan kembali dengan pesawat pribadi pada jam 17:58.

The New York Times melaporkan bahwa pada 16 Oktober Mutreb bepergian dengan Putra Mahkota Kerajaan Saudi (MBS). Mungkin saat itu dia sedang bertugas mengawal MBS. (mus)

Sumber: hurriyetdailynews.com

Baca Juga