Aktivis Australia Ini Berjalan Sejauh 727 km Agar Negaranya Akui Palestina

John Salisbury

MELBOURNE (SALAM-ONLINE): Seorang aktivis kemanusiaan Australia, John Salisbury, akan berjalan menempuh jarak 727 kilometer (452 ​​mil) dari Melbourne ke Adelaide untuk mendorong Australia agar mengakui Palestina.

Setelah menyelesaikan acara Run for Palestinian Human Rights di kota tenggara Melbourne, Salisbury memulai perjalanan panjangnya menuju Adelaide.

“Perjalanan antara dua kota di Australia ini akan memakan waktu sekitar satu bulan,” kata Salisbury kepada kantor berita Anadolu Agency (AA), Minggu (18/11/2018).

“Saya berencana untuk menyelesaikannya pada 16 Desember 2018 mendatang di depan Pusat Kongres Adelaide—saat pengakuan tentang Palestina akan dibahas. Perjalanan saya dirancang untuk mendukung upaya pengakuan itu,” ujarnya.

Oposisi utama Partai Buruh Australia (ALP) akan menjadi tuan rumah pertemuan di Adelaide yang akan mencakup diskusi tentang pengakuan terhadap negara Palestina.

“Keputusan Perdana Menteri Australia Scott Morrison untuk memindahkan kedutaan negara itu dari Tel Aviv ke Yerusalem adalah salah,” tegas Salisbury.

Baca Juga

Menurutnya, hal ini adalah sesuatu yang “Israel” (baca: Zionis Yahudi) inginkan. Dan, itu, kata Salisbury, sama sekali tak akan membantu Palestina.

“Yang perlu kita lakukan adalah mengirim pesan ke ‘Israel’ (Zionis, red) bahwa mereka tidak dapat memiliki semua yang mereka inginkan,” tekannya.

“Orang-orang Palestina, mereka membutuhkan tempat mereka sendiri. Kami harus mendukung mereka dalam upaya mereka (memperjuangkan kemerdekaan), karena orang-orang Palestina telah menderita begitu lama,” ungkapnya.

Ini adalah perjalanan ketiga Salisbury untuk Palestina. Sebelumnya, dua kali sudah ia melakukan hal yang sama dengan menempuh perjalanan 286 km (178 mil) antara Sydney dan ibu kota Australia, Canberra, agar negaranya mengakui Palestina. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga