Konferensi Media Dunia di Istanbul Digelar untuk Palestina

Konferensi bertujuan menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia untuk perjuangan Palestina

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Sebuah konferensi besar digelar di Kota Istanbul, Turki, pada Sabtu (17/11/2018), dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia tentang perjuangan Palestina.

Diselenggarakan oleh Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi yang berbasis di Beirut, konferensi dua hari, bertema “Palestina Mengatasi Dunia”, itu menyatukan ratusan jurnalis, akademisi dan penulis dari sekitar 60 negara di seluruh dunia.

“Kami di sini berkumpul di Istanbul mengundang organisasi media di seluruh dunia bersama-sama untuk meningkatkan kesadaran tentang pembelaan (perjuangan) Palestina,” kata Direktur Forum, Bilal Khalil seperti dikutip Anadolu Agency (AA), Sabtu (17/11).

“Tujuan besar kami adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang universalitas Palestina dan menciptakan platform jejaring bagi para profesional media dari seluruh dunia,” terangnya.

Dia mengatakan sekitar 700 wartawan dari 300 media pers internasional dan organisasi media ikut serta dalam konferensi tersebut.

Hisham Qassim, Sekretaris Jenderal forum, mengatakan konferensi itu bertujuan untuk memobilisasi upaya orang-orang media agar membela perjuangan Palestina.

“Kami bekerja untuk meningkatkan kesadaran mengenai Palestina di antara komunitas dari seluruh dunia,” tegas Qassim dalam pidato pembukaannya.

Baca Juga

Dia mengatakan pertemuan itu memberi kesempatan bagi media dan menekankan orang-orang untuk bertemu dan bertukar pengalaman mereka dengan maksud agar memahami pembelaan terhadap Palestina dan menyebarkan kebenarannya.

Dalam pidatonya, Qassim mengecam pelanggaran oleh penjajah Zionis yang sedang berlangsung terhadap jurnalis dan organisasi media di wilayah Palestina. Yang terbaru adalah pengeboman terhadap kantor pusat televisi Al-Aqsa di Jalur Gaza.

Awal pekan ini, pesawat tempur Zionis menembakkan setidaknya 10 rudal ke televisi Al-Aqsa yang dikelola Hamas. Gedung kantor televisi itu hancur total.

Sejak akhir Maret hingga saat ini, lebih dari 200 warga Palestina gugur dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan tentara Zionis dalam aksi protes anti-pendudukan/penjajahan yang digelar di dekat perbatasan Jalur Gaza.

Dalam situs webnya, Forum Internasional untuk Palestina itu mengatakan tujuan acara ini untuk meningkatkan koordinasi antara organisasi media Arab dan internasional demi mendukung perjuangan Palestina dengan menyelenggarakan forum media, konferensi khusus, lokakarya pelatihan dan mengoordinasi kampanye media. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga