LSM Tunisia Pimpin Demo Menentang Kunjungan Putra Mahkota Saudi

Organisasi-organisasi masyarakat sipil akan memimpin protes menentang rencana kunjungan Putra Mahkota Saudi ke Tunisia.TUNIS (SALAM-ONLINE): LSM Tunisia melancarkan protes pada Senin (26/11/2018) terhadap rencana kunjungan Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) ke negara itu, lansir Anadolu Agency (AA), Senin (26/11).

“Organisasi-organisasi masyarakat sipil akan memimpin protes terhadap kunjungan bin Salman,” Sakina Abdel-Samad, anggota National Union of Tunisiaian Journalists, mengatakan pada konferensi pers di ibukota Tunis, Senin (26/11).

“Kami juga akan mengajukan gugatan atas kejahatan perang yang dilakukan di Yaman yang dilanda perang,” katanya.

Kelompok-kelompok yang merencanakan protes termasuk Asosiasi Direktur Surat Kabar Tunisia (Turess), Sindikat Jurnalis Nasional, Asosiasi Wanita Demokrat Tunisia, Forum Tunisia tentang Hak Ekonomi dan Sosial, Asosiasi Pengacara Muda Tunisia dan Asosiasi Perempuan Tunisia .

Sakina Abdel-Samad mengatakan Perhimpunan Jurnalis Tunisia telah menerima “pesan terima kasih” dari Federasi Jurnalis Internasional (IFJ) dalam posisinya terhadap kunjungan bin Salman.

Tunisia adalah bagian dari yang akan dikunjungi Bin Salman saat ini, dimulai dengan mengunjungi Uni Emirat Arab (UAE) pekan lalu.

Baca Juga

Sebuah poster putra mahkota Saudi memegang gergaji dengan slogan-slogan yang bertuliskan “Tidak Selamat Datang di Tunisia, Tanah Revolusi” telah digantung di markas besar Perhimpunan Jurnalis di Tunis.

Ini merupakan perjalanan luar negeri Bin Salman yang pertama sejak Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi dan kolumnis untuk The Washington Post, dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul bulan lalu.

Awalnya otoritas Saudi mengatakan Khashoggi telah meninggalkan konsulat hidup-hidup. Hampir tiga pekan kemudian pemerintah Saudi mengakui Khashoggi dibunuh di dalam gedung Konsulat itu seraya mengambinghitamkan kelompok “nakal” di negara kerajaan itu berada di balik operasi pembunuhan tersebut. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga