Pembunuhan Khashoggi, Pihak Saudi Diberitakan Coba Utak-atik Alat Bukti

Sampai sekarang belum diketahui di mana jasad Khashoggi setelah dibunuh. (CCTV/TRT World via AP)

SALAM-ONLINE: Media Turki melaporkan bahwa staf di konsulat Arab Saudi di Istanbul mencoba merusak kamera keamanan untuk membantu menutupi pembunuhan Khashoggi.

Surat kabar Sabah melaporkan bahwa pihak Saudi di konsulat Istanbul mencoba merusak kamera di dalam konsulat pada 2 Oktober lalu, hari Khashoggi dibunuh.

Dilansir dari Aljazeera, Rabu (7/11//2018), dikatakan, pihak Konsulat juga mencoba mengutak-atik kamera CCTV di ruang keamanan polisi di luar gedung.

Menurut laporan itu, pada pukul 1 pagi tanggal 6 Oktober, seorang anggota staf konsulat menuju pos keamanan polisi di luar konsulat Saudi untuk mengakses sistem video.

Sabah melaporkan bahwa seorang staf konsulat Saudi memasukkan kode kunci digital ke dalam sistem. Kali ini dia tidak merusak kamera, tetapi apa yang dilakukannya adalah untuk mencegah akses ke video yang menunjukkan pergerakan di pintu masuk, termasuk kedatangan Khashoggi di konsulat.

Alazeera melaporkan dari Istanbul bahwa upaya itu, bagaimanapun, tidak relevan, karena polisi telah menguraikan pengkodean, mengakses sistem dan mengambil salinan video.

“Semua ini menunjukkan, menurut pejabat Turki, dalam hal … seluruh prosedur, bahwa ada upaya dari konsulat Arab Saudi untuk sekali lagi mengutak-atik alat bukti,” kata Andrew Simmons dari Aljazeera.

“Menurut Turki, Saudi tidak keluar untuk menyelidiki pembunuhan, mereka keluar untuk menutupinya,” lapornya. (mus)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga